ASLI PUNYO WONG KITO

15 Agustus 2011

AIRSOFTGUN






Apa itu Airsoftgun ??

MENGENAL AIRSOFTGUN

Airsoft gun adalah mainan replika senjata yang berukuran hampir sama dengan jenis senjata aslinya. Mainan replika airsoft gun mengadopsi beragam jenis senjata-senjata yang ada di dunia, baik dari jenis pistol, revolver, submachine gun, assault rifle, sniper rifle, shotgun sampai bazooka.
Walaupun termasuk kategori mainan, airsoft gun juga mampu memuntahkan peluru plastik bulat berukuran 6mm (biasa disebut bb, red.) baik secara satu persatu (single action), semi otomatis maupun full automatic.
Bahkan untuk jenis tertentu bisa digunakan BB alumunium, besi atau tembaga.


Digerakkan Oleh Hembusan Udara
Pada dasarnya, airsoft gun digerakkan oleh hembusan udara yang dihasilkan oleh piston yang digerakkan oleh

* Pengokang pada jenis Airsoft Spring
* Motor yang digerakkan oleh baterai pada jenis Airsoft Electric
* Hembusan gas (freon) pada jenis Airsoft Gas

Hembusan udara tersebut, memutar bb bulat berukuran 6mm dalam laras airsoft gun agar laju bb tersebut bisa semakin akurat. Fasilitas ini dinamakan fasilitas Hop-Up, yang sudah banyak diadaptasi oleh mainan airsoft gun dewasa ini.

AIRSOFT SPRING
Mekanisme spring (pegas/per) biasanya diterapkan pada model-model airsoft gun jenis awal yang banyak diadaptasi pada mainan jenis pistol. Dengan menarik slide/kokangannya, Anda telah mengokang pistol tersebut, dan tinggal menembakkan. Anda harus mengokang lagi jika Anda hendak menembakkannya kembali. Singkatnya 1x kokang, 1x tembakan, 1 Peluru

AIRSOFT GAS
Jenis Airsoft Gas Seperti namanya, jenis ini menggunakan gas untuk menghembuskan gas jenis freon (HFC 134/R22) yang akan meniupkan bb 6mm tersebut. Kelebihan jenis ini adalah efek hentakan (recoil) atau blowback yang ditimbulkannya bagi banyak penggemar menghasilkan sensasi yang tersendiri dibandingkan jenis lainnya. Airsoft gas yang non blowback bisa lebih kencang powernya di karenakan tenaga gas tidak digunakan untuk menggerakkan slide (blowback), sehingga tenaganya bisa 100% digunakan untuk powernya


ELECTRICK GUN
Jenis Electric Gun merupakan Jenis terkini yang juga sangat populer. Disebut electric gun karena mekanisme pendorong tenaganya digerakkan oleh motor (dynamo) yang digerakkan oleh tenaga baterai yang mendorong piston untuk bergerak maju/mundur menghembuskan bb 6mm agra segera meluncur di dalam laras.


Bukan Untuk Senjata Beladiri
Kepemilikan airsoft gun diizinkan dengan peraturan pembatasan umur (18+)
Sebagian besar hobbyist airsoft menggunakan airsoft gun sebagai sarana dalam bermain perang-perangan (airsoft wargames) atau sebagai barang koleksi.
Sebagai benda koleksi, airsoft gun memang indah dipajang di ruang tamu maupun ruang kantor Anda.
Selain itu, rekan-rekan hobbyist airsoft, menggunakan perlengkapan militer lengkap dan tak lupa dengan perangkat airsoft gun-nya,untuk bermain peperangan (airsoft wargames) layaknya serdadu tempur maupun special forces unit.



HOP UP SYSTEMS:

sekarang banyak airsoft gun yang ada tanda "hop-Up"-nya di kotak atopun di labelin,mungkin para ersopter terutama yang masih rookie ber-tanya2 apa sih Hop-Up itu?apa sich enaknya pake sistem itu?
HOP-UP
Pada saat ini sudah banyak airsoft yang menggunakan hopup system. Sebenarnya apakah hopup system ini? Berikut penjelasan sederhana tentang hopup system di airsoft.

Hopup system merupakan sebuah mekanisme yang sederhana pada airsoft yang memungkinkan BB untuk mencapai jarak yang lebih jauh.

Cara kerjanya sederhana. Di pangkal barrel dekat gerbox sebelum inlet BB, ditempatkan hopup yang biasanya terbuat dari karet. Karet ini akan membuat semacam "ganjalan" yang terletak persis dibagian atas barrel. Pada saat BB ditembakkan, maka bagian atas dari BB akan menabrak "ganjalan" karet ini sehingga BB berputar ke atas. Dengan demikian muncul momentum energi ekstra yang memberikan BB tenaga tambahan untuk meluncur lebih jauh lagi.

Ada dua versi hopup di airsoft yaitu:

Fixed hopup : Besarnya "ganjalan" karet tidak dapat diatur.
Adjustable hopup : Besarnya "ganjalan" karet bisa diatur. Dengan demikian kita bisa adjust untuk mengkompensasikan dengan berat BB yg digunakan, power dari airsoftnya sendiri serta jarak target.


Seperti disebutkan di atas, dengan adanya adjustable hopup kita bisa mengatur hopup untuk mengkompensasikan dengan faktor lain. Contoh paling nyata adalah pada airsoft DoubleEagle M46 Famas. Airsoft ini dikenal sebagai spring dengan power yang besar. Akibat M46 ini menggunakan fixed hopup maka apabila menggunakan BB kuning yg 0.12, arah BB selalu naik ke atas/melayang (overhopup). Hal ini disebabkan BB yg terlalu ringan, power yg lumayan serta "ganjalan" karet hopup yg terlalu besar. Untuk menanggulanginya, maka digunakan BB yg lebih berat (0.2). Andaikan M46 menggunakan adjustable hopup, maka walaupun menggunakan BB 0.12 kita bisa mengatur hopup agar tidak terlalu besar "ganjalannya" disesuaikan dengan power yg Famas nya itu sendiri sehingga BB tidak overhopup.
Karena hopup ini menggunakan karet, maka apabila hendak membersihkan barrel atau mengeluarkan BB yg stuck di barrel agar berhati-hati. Jangan sampai pada saat dicolok2 menggunakan sticknya terlalu semangat jadinya malah mengenai karet hopup ini sehingga rusak. Begitu juga apabila membongkar karet hopup, pastikan "ganjalannya" berada pada posisi jam 12 pas, kalau miring-miring nantinya malah BB nya melayang2 nggak bener.




Tips perawatan AEG (Automatic Electric Gun)


1. Biasakanlah untuk menghabiskan battery Anda ketika selesai dipakai/tidak digunakan pada waktu lama.
2. Battery NiCD mudah rusak cell-nya bila Anda biarkan terisi dan tidak terpakai dalam waktu lama. Untuk menghabiskan isi battery, Anda bisa menggunakan battery discharger. Sebagai alternatif yang lebih murah Anda bisa menggunakan resistor kapasitas 30 ohm/20 watt untuk disambungkan pada kutub battery.
3. Selalu bersihkan laras senjata Anda setiap 1.000/2.000 tembakan. Anda dapat membersihkannya dengan perlengkapan yang disediakan secara standard dari AEG Anda.
4. Teteskan sedikit silicon oil khusus seperti LPS MR750/Waxco/Cylo/CRC, atau jenis lain yang tidak mengandung petrolium (jangan gunakan WD40,atau pilih bahan yang ada tulisan “Safe for rubber” ) pada kain katun kecil, lalu ikatkan pada tongkat pembersih. Bersihkan laras senjata Anda beberapa kali, lalu keringkan dengan menggunakan cara yang sama tetapi menggunakan kain katun kering.
5. Bersihkan magazine AEG Anda dengan kain katun kering. Jangan sekali-kali menyemprotkan pelumas pada tempat peluru. Anda dapat menyebabkan peluru sulit keluar atau laras senjata menjadi basah oleh pelumas.
6. Selalu simpan/letakkan AEG Anda pada tempat yang kering. AEG Anda memiliki perangkat elektronik dan juga battery NiCD didalamnya. Sangatlah bijaksana, bila Anda memperlakukannya seperti Camcoder, Digital Camera, atau perangkat elekronik lainnya.
7. Setelah ribuan kali penggunaan, magazine Anda akan meninggalkan kotoran, gemuk (fat), atau timbul kelemahan pada per di dalam magazine. Servicelah magazine Anda setiap 20.000 tambakan. Sebaiknya Anda berikan kepada yang berpengalaman untuk men-service magazine atau kepada tempat Anda membelinya.
8. Gunakan selalu peluru berkualitas baik. Jangan gunakan peluru yang terlihat benjol, miring atau bergaris. Hal ini dapat merusak laras senjata Anda.
9. Setelah ribuan kali penembakan, senjata Anda biasanya dapat mogok atau macet bekerja. Hal ini disebabkan oleh habis atau terkikisnya roda gigi utama (main gear train) yang terbuat dari plastik dan ring (bushing).




Cara penggunaan Airsoft yang bertenaga gas ( AGG : Airsoft Gas Gun)

1. Keluarkan mag dari airsoft dengan cara menekan mag release button,
2. Buka cover untuk isi gas ( bagi yang ada covernya ),
3. Isi gas dengan cara menekan perlahan ujung kaleng gas ke input valve di mag terbalik ( ujung pengisian kaleng gas mengahadap ke bawah dan input valve di mag menghadap ke atas), pastikan keduanya dalam posisi sejajar dan vertikal, waktu pengisian bergantung terhadap kapasitas mag. Mag handgun normal umumnya membutuhkan sekitar 3 detik ( green gas), sedangkan mag isi 50 biasanya sekitar 5-6 detik (green gas)
4. Isi BB kedalam mag dengan cara mengisikan satu-persatu ke dalam mag tanpa menarik per untuk BB di mag,
5. Setelah selesai masukkan kembali ke dalam airsoft dan kokang airsoft anda,
6. Airsoft anda telah siap untuk beraksi ( jangan lupa safety-nya ).

Apa yang JANGAN DILAKUKAN saat menggunakan airsoft bertenaga gas:

- Jika anda sedang mengisi mag dan gas mulai tumpah, HENTIKAN. Hangatkan mag pada suhu ruangan sebelum memulai kembali. Hal ini memakan waktu sekitar 5-6 menit.
- Menekan tombol metal yang berada di atas / belakang mag untuk menghabiskan gas di mag. JANGAN LAKUKAN INI! Ini akan memakan seal lebih cepat dan menyebabkan O-Ring membeku / rusak permanen.
Cara yang lebih aman untuk menghabiskan gas adalah dengan menembakkan airsoft hingga gas habis.
- Menggunakan airsoft di cuaca yang dingin, penggunaan airsoft gas di musim dingin tidak dianjurkan. Hal ini dapat mengakibatkan slide tidak akan men-cycle sempurna, airsoft tidak akan menembak sempurna, dan gas akan lebih cepat habis.
- Menembak airsoft gas dengan cepat, hal ini menyebabkan airsoft menjadi dingin/ akan mengakibatkan rusaknya mag /airsoft.
- Jangan menggunakan BB kualitas rendah, selalu gunakan BB dengan kualitas bagus. BB berkualitas rendah akan cenderung mengakibatkan macetnya BB di mag well.
Penggunaan BB 0.12g tidak disarankan untuk airsoft high-end, penggunaan BB ini dapat mengakibatkan kerusakan permanen.


Perawatan airsoft bertenaga gas:

- Pastikan slide dan seluruh part yang bergerak dilumasi dengan SILICONE oil. Jangan gunakan yang lain, hanya 100% silicone oil sebab pelumas lain tidak aman untuk part dari plastik dan karet.
Jangan gunakan Hoppes #9, WD-40, dan pelumas lain sebab dapat merusak airsoft.
- Pastikan juga untuk menyemprot silicone oil kedalam top nozzle mag setiap 5-6 kali mag digunakan. Hal ini dilakukan dengan cara menekan top releases valve ( kalau diindonesia-kan agak aneh he5) sambil menyemprot sedikit silicone oil ke top rubber exhaust valve. Ini akan membuat seal dan O-Ring terlumasi dengan baik.
- Setelah penggunaan sisakan sedikit gas pada mag ( kira2 cukup untuk 2 - 3 tembakan), ini akan membuat O-Ring mag terlumasi dengan baik. Jangan disimpan saat mag penuh / kosong melompong

0 komentar:

Poskan Komentar

Dah bacakan nah sekarang kasih komentar dong...

 
© Copyright by MARTAPURA  |  latihan by Blogspot tutorial